MAKALAH SUMBANG PEMIKIRAN UNTUK KEMAJUAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

MAKALAH SUMBANG PEMIKIRAN UNTUK KEMAJUAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA “PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PERKULIAHAN DI UNY” Oleh LINA SAFITRI 11312241004 STRATA 1 PRODI PENDIDIKAN IPA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 “SUMBANG PEMIKIRAN UNTUK KEMAJUAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA”

 Lina Safitri

 Email: linasafitri93@gmail.com

 Prodi Pendidikan IPA, FMIPA

ABSTRAK

 Sumbang saran dan pemikiran untuk kemajuan UNY yang berjudul “Pemanfaatan Teknologi dalam Perkuliahan di UNY” ini merupakan masukan demi perbaikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui teknologi informasi yang berisi beberapa langkah dalam mewujudkan universitas berbasis teknologi dalam rangka mewujudkan visi UNY 2025 yaitu UNY menjadi universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan dan pencapaian tujuan UNY yaitu terwujudnya manusia yang betaqwa, mandiri, dan cendekia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan terwujudnya tata kelola universitas yang baik, bersih, dan akuntabel dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi. Adapun langkah yang ditempuh berdasarkan permasalahan yang ada yaitu (1) Penggunaan sistem presensi sistem biometric fingerprint sebagai langkah untuk menggunakan yang merupakan langkah awal untuk meminimalisisr tingkat kecurangan yang sering terjadi seperti manipulasi data dan penitipan presensi, (2) Website versi mobile untuk mempermudah mahasiswa uny dalam mengakses informasi yang ada didalamnya, (3) Media informasi mengenai lowongan pekerjaan untuk alumni mahasiswa UNY. Ketiga sumbang saran pemikiran untuk kemajuan UNY ini diharapkan dapat bermanfaat bagi almamater tercinta, yaitu UNY. Kesimpulan yang didapat dari penjabaran makalah untuk kemajuan UNY antara lain: (1) pengadaan mesin fingerprint untuk absensi mahasiswa UNY, (2) website versi mobile, (3) media informasi mengenai lowongan pekerjaan untuk alumni mahasiswa UNY. Makalah sumbang saran dan pemikiran penulis untuk UNY untuk mewujudkan visi UNY menjadi universitas tingkat dunia 2025, dan dapat menjadikan UNY sebagai perguruan tinggi yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu, terwujudnya manusia yang betaqwa, mandiri, dan cendekia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, terwujudnya tata kelola universitas yang baik, bersih, dan akuntabel dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi Kata kunci: sumbang saran, uny, teknologi, perkuliahan, fingerprint, website mobile.

 I. PENDAHULUAN

 Teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan dengan kemudahan yang ditawarkan. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat, penggunaan komputer pada saat ini merupakan suatu kebutuhan setiap instansi. Kemajuan suatu instansi dapat dilihat dari bagaimana cara memanfaatkan teknologi komputer, sebagai alat bantu dalam menyelesaikan masalah ataupun pekerjaan. Hal tersebut sangat membantu meningkatkan kinerja. Salah satu alasan, mengapa komputer cenderung digunakan sebagai alat bantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan karena pekerjaan yang dilakukan menggunakan komputer memiliki kecepatan proses yang lebih dapat diandalkan. Berdasarkan pemikiran peneliti terdapat permasalahan dimana dalam penggunaan sistem presensi manual terdapat kecurangan-kecurangan yang dilakukan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan yaitu dengan cara manipulasi dan penitipan presensi kepada teman, yang kedua website mengenai program UNY masih belum diadakan dalam versi mobile atau dengan handphone sehingga belum mempermudah mahasiswa untuk mengakses informasi mengenai kegiatan perkuliahan di UNY dengan mudah dan waktu yang relatif lebih efektif dan efisien, yang ketiga media informasi mengenai lowongan pekerjaan di UNY belum dapat terakses dengan baik dan informasinya sangat minim. Sumbang saran berikut adalah masukan demi perbaikan UNY melalui teknologi informasi yang didasarkan berdasarkan permasalahan diatas maka terdapat beberapa langkah dalam mewujudkan universitas berbasis teknologi dalam rangka mewujudkan visi UNY 2025 yaitu UNY menjadi universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan dan pencapaian tujuan UNY yaitu terwujudnya manusia yang betaqwa, mandiri, dan cendekia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan terwujudnya tata kelola universitas yang baik, bersih, dan akuntabel dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi. Pada makalah ini akan dipaparkan 3 langkah yang bisa ditempuh antara lain; (1) penggunaan sistem presensi sistem biometric fingerprint sebagai langkah untuk menggunakan yang merupakan langkah awal untuk meminimalisisr tingkat kecurangan yang sering terjadi seperti manipulasi data dan penitipan presensi, (2) website versi mobile untuk mempermudah mahasiswa uny dalam mengakses informasi yang ada didalamnya, (3) media informasi mengenai lowongan pekerjaan untuk alumni mahasiswa UNY. Ketiga sumbang saran pemikiran untuk kemajuan UNY ini diharapkan dapat bermanfaat bagi almamater tercinta, yaitu UNY.

II. ISI

1. Pengadaan Mesin Fingerprint untuk Absensi Mahasiswa UNY

Sidik jari merupakan guratan yang terdapat pada kulit ujung jari manusia. Sifat sidik jari pada manusia adalah unik. Artinya dapat dikatakan tidak ada 2 orang di dunia yang mempunyai identitas sidik jari yang sama persis. Pelacak Sidik jari atau otentikasi sidik jari mengacu pada metode otomatis memverifikasi sebuah kecocokan antara dua sidik jari manusia. Sidik jari adalah salah satu dari banyak bentuk biometrik digunakan untuk mengidentifikasi individu dan memverifikasi identitas mereka. Penggunaan sistem presensi dengan menggunakan sistem biometric fingerprint akan mengurangi masalah masalah yang ditimbulkan oleh penggunaan sistem presensi manual. Banyak mahasiswa yang selama ini tidak jujur dalam hal presensi kuliah karena sistemnya masih manual yang gampang dimanipulasi. Dengan fingerprint, mahasiswa tidak mungkin menitipkan absen pada temannya, fingerprint tidak hanya menggantikan absen manual berwujud tanda tangan namun juga mempunyai kelebihan seperti susah dipalsu dan bisa memantau mahasiswa yang sering terlambat ataupun yang rajin masuk kuliah. Pada system presensi dengan fingerprint tingkat kecurangan yang sering terjadi seperti manipulasi data dan penitipan presensi akan dapat dikurangi dikarenakan presensi tersebut menggunakan sidik jari yang mengharuskan peserta didik hadir secara langsung dan tidak dapat diwakilkan pada siapa pun.

2. Website Versi Mobile Seiring dengan kemajuan teknologi informasipengaksesan internet melalui perangkat mobile atau handphone sangat tinggi penggunaannya di Indonesia apalagi dengan adanya smartphone. Sistem operasi pada smartphone, berkembang seiiring dengan berkembangnya fitur dan aplikasi pada smartphone. Salah satu sistem operasi pada smartphone yang berkembang saat ini, adalah Android. Berbagai alamat website yang ada banyak dikunjungi oleh masyarakat/mahasiswa itu sendiri melalui media mobile karena lebih praktis dan waktu yang dibutuhkan lebih efektif dan efisien. Hal ini lah yang menjadi pemikiran saya, tentang pentingnya sebuah alamat website yang dapat diakses di handphone atau lebih baiknya dengan pembuatan aplikasi yang dapat digunakan dalam smartphone yang akan lebih efektif. Dalam hal ini, website UNY beserta seluruh komponen di dalamnya, seperti Besmart, Siakad, Jurnal dan lain sebagainya seharusnya sudah dapat diakses melalui media handphone dan smartphone. Saat ini website yang menjadi rujukan penting bagi masyarakat dan juga civitas akademik UNY tersebut hanya mampu ditampilkan secara baik di komputer (desktop). Sehingga perlu kiranya hal ini menjadi pertimbangan penting bagi pihak yang berkepentingan untuk membangun website UNY dan sub domainnya dapat diakses lewat mobile dan adanya aplikasi yang dapat digunakan dalam smartphone sehinga informasi-informasi seputar UNY mudah didapatkan oleh mahasiswa. Maka dari itu, UNY perlu membuat media informasi yang mudah diakses dengan aplikasi di smartphone yang terutama bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa UNY dalam mengases informasi.

3. Media Informasi Mengenai Lowongan Pekerjaan di UNY

Banyaknya lulusan UNY yang tidak mengetahui bagaimana membina karir setelah menyelesaikan studi. Banyak pula perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, terbukti dengan banyak iklan lowongan kerja di papan pengumuman kampus, koran dan media lain termasuk internet. Berarti kesenjangan antara pencari kerja dan perusahaan terlihat sangat jelas. Mungkin bukan sekedar kesenjangan kualitas sumber daya manusia, namun juga bisa saja karena kesenjangan informasi. Alumni sulit mendapatkan pekerjaan karena kurangnya informasi yang didapat. Sedangkan bagi perusahaan memerlukan media alternatif yang dapat memberikan fasilitas yang lebih informatif, fokus dan memadai dibanding sekedar pemasangan iklan lowongan kerja. Suatu media yang efektif, yang telah terbukti bisa mempertemukan mahasiswa dengan perusahaan. Maka dari itu UNY perlu membuat media informasi yang mudah diakses dengan aplikasi di smartphone yang terutama bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan langsung antara mahasiswa dan alumni dengan perwakilan perusahaan-perusahaan.

III. PENUTUP

 A. Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan di atas maka dapat ditarik kesimpulan hal yang perlu dilakukan demi kemajuan UNY antara lain:

1. Pengadaan Mesin Fingerprint untuk Absensi Mahasiswa UNY.

2. Website versi mobile.

3. Media informasi mengenai lowongan pekerjaan untuk alumni mahasiswa UNY.

 B. Saran

makalah sumbang saran dan pemikiran penulis untuk Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mewujudkan visi UNY menjadi universitas tingkat dunia 2025, dan dapat menjadikan UNY sebagai perguruan tinggi yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu: terwujudnya manusia yang betaqwa, mandiri, dan cendekia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila serta terwujudnya tata kelola universitas yang baik, bersih, dan akuntabel dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi.

Leave a comment