Astronomy Picture of the Day Archive

Astronomi merupakan ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu astronimi mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang dapat dilihat atau diketahui di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan benda-benda langit tersebut.ada juga yang mendefenisikan Astronomi sebagai cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)). Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit — seperti asal-usul, sifat fisika /kimia, meteorologi, dan gerak — dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

sebelum mempelajari ilmu astronomi lebih lanjutt.. mari kita belajar tata surya terlebih dahulu, silahkan saksikan video ini dari mbak youtube😀

Kita juga dapat lhoo mengetahui foto-foto alam jagad raya yang terjadi setiap harinya, sehingga menghasilkan gambar yang berbeda atau foto alam semesta kita yang sangat menarik, bersamaan dengan penjelasan singkat ditulis oleh seorang astronom profesional. Selalu update dengan peristiwa menakjubkan di alam jagad raya ini. Subhanallah sekali yaa peristiwa di alam ini… kita dapat menyaksikan gambar-gambar seperti ini contohnyaaaa😀 :

Peristiwa yang terjadi pada hari ini 27 Maret 2013

rainbowparis_kulik_960

A Horizon Rainbow in Paris
Image Credit & Copyright: Bertrand Kulik

Mengapa langit ini  berwarna-warni?jawabannya adalah Karena, hujan datang berlawanan Matahari,. Apa yang digambarkan di atas sebenarnya hanya pelangi pada umumnya. Penampilan biasa itu disebabkan oleh Matahari yang luar biasa tinggi di langit selama pembuatan pelangi itu. Karena pusat setiap pelangi itu harus tepat berlawanan Matahari, matahari tinggi mencerminkan off dari hujan jauh akan menghasilkan pelangi yang rendah di mana hanya bagian atas sangat terlihat – karena sisa pelangi di bawah cakrawala.  Selain itu, ada dua pengamat dapat melihat persis pelangi yang sama – setiap orang menemukan diri mereka sendiri tepat di antara Matahari dan pusat pelangi, dan pengamat melihat setiap garis melingkar berwarna-warni tepatnya 42 derajat dari pusat pelangi itu. Gambar di atas yang menampilkan Menara Eiffel diambil di Paris, Prancis minggu lalu. Meskipun badai intermiten berlangsung selama hampir sepanjang hari, pelangi cakrawala hanya berlangsung selama beberapa menit.

Peristiwa tanggal 26 Maret 2013

 aurorafallscomet_vetter_960

Waterfalls, Auroras, Comet: Iceland
Image Credit & Copyright: Stephane Vetter (Nuits sacrees)

Jika tidak terganggu oleh pemandangan yang indah, seperti adanya air terjun, bintang, dan aurora, Anda mungkin dapat menemukan PANSTARRS Comet. Gambar di atas, menangkap keajaiban terestrial dan langit beberapa dalam satu tembakan, diambil pekan lalu di barat daya Islandia. Air terjun Gullfoss populer digambarkan di bawah aurora brilian yang diikuti suar M1-kelas surya dan kuat Coronal Mass Ejection dua hari sebelumnya. Menyerah pada lokasi komet? Komet PANSTARRS ini terlihat samar-samar sebagai blip cahaya tepat di atas cakrawala ke kiri dari gambar di atas. Komet tetap lebih langsung terlihat pengamat utara dengan teropong melihat ke arah langit barat hanya setelah matahari terbenam.

untuk peristiwa lainnya yang terjadi dari tanggal berapapun yang anda cari coba deh klik disini tinggal pilih tanggal yang anda inginkan untuk dapat melihat peristiwa alam yang terjadi i.. selamat menikmati alam dan selamat belajar tentang angkasa  semoga bermanfaat yaaaaa….😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: